Cara Mengatasi softbrick atau stuck logo usb di zenfone

Cara Mengatasi softbrick atau stuck logo usb di zenfone  - Ada Yang Tau Apa Itu Brick ? Brick pada Android adalah keadaan dimana HH tidak mau menyala / tidak mau boot ke dalam system dikarenakan kesalahan saat utak atik HH (rooting, flashing firmware yang corrupt, kernel yang corrupt) maupun kesalahan pengguna itu sendiri. 




Brick di bagi menjadi dua jenis yaitu :
1. Soft brick Gejala : Masih bisa menyala akan tetapi stuck di layar booting / tidak mau booting (merespon ketika di charge).
Brick jenis ini masih ada kesempatan untuk diperbaiki sendiri tanpa harus dibawa ke service center HH yang bersangkutan.

2. Hard brick
Gejala : HH tidak merespon saat di charge (gak muncul indikator baterai) dan tidak mau menyala / MATOT (Mati Total).
Brick jenis ini kemungkinan diperbaiki nya 1:100 dan biasanya harus di bawa ke service center.

Nah stuck ini desebabkan kerusakan firmware droidboot  di zenfone kita karena melakukan rooting diluarprosedur dan instalasi aplikasi costumizer system. Banyak User Zenfone yang panik akan hal ini terjadi dan langsung membawa nya ke Asus Service Center. Tapi tenang Saja, Kali Ini saya akan membagikan Cara nya untuk kalian yang mengalami masalh ini. 



Ikuti Step By Step Jika ingin proses nya berhasil :


1. Pertama Tama Download Bahan nya :
  1. FW DnX  Download disini
  2. IFWI  Download disini
  3. OS DnX  Download disini
  4. OS Image files   Download disini
  5. xFSTK-Downloader  Downloaddisini
  6. iSocUSB Driver  Download disini
  7. IntelAndroidDrvSetup1.5.0 Download disini
  8. Rom Download disini
2. Jika Semua tool sudah  di download, Instal Semua Satu persatu.
3. Buka tool xFSTK-Downloader 
4. masukan FW DnX, IFWI, OS DnX, OS. Pilih Tab Yang Berjudul CLVP A0/B0/B1 yang terletak di bagian kanan bawah.
5. setelah kolom terisi semua nyalakan hh dengan kondisi stuck usb, colokan hh ke kmputer

hh akn terdeteksi oleh xFSTK-Downloader,klik tombol Begin Download. tunggu sampai restat..
6. Setelah itu Zenfone Kita akan reboot sendiri. Dan akan masuk Ke mode Droid Boot
7. copy rom di SDCARD (memori eksternal microSD) bisa menggunakan hp lain atau catrider
8. Saat di Menu Droid Boot pilih SD Download dan tunggu sampai selesai.


Bagaimana Cukup MUdah bukan, jadi kita tidak perlu untuk membawa HH zenfone kita Ke Service Center. Jika ada yang tidak di mengerti bisa di tanyakan kepada saya. Sekian terimakasih

NB : Tested On Zenfone 4 (Untuk Series Zenfone Yang lain Silahkan dicoba)




Cara Mengatasi softbrick atau stuck logo usb di zenfone


125 comments:

  1. nice share gan,jadi tau Soft brick sama Hard brick

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah ane tes gan....tp gagal terus ada tulisan ini.

      .usbsn:889B021B20EAFB00--usb_bulk_readO fails
      usbsn:889B021B20EAFB00--windriver Error: 0x20000015,timeout epired
      --usb_bulk_read0 fails
      --DEVICE is not responding...
      --GETAck-(0xBAADFOOD)
      --Unknown Ack code:baadf00d,aborting...
      --void CLoverviewplusDownloader::do_abort0

      --kalau gini gimana lagi gan..

      Delete
    2. udah ane tes gan....tp gagal terus ada tulisan ini.

      .usbsn:889B021B20EAFB00--usb_bulk_readO fails
      usbsn:889B021B20EAFB00--windriver Error: 0x20000015,timeout epired
      --usb_bulk_read0 fails
      --DEVICE is not responding...
      --GETAck-(0xBAADFOOD)
      --Unknown Ack code:baadf00d,aborting...
      --void CLoverviewplusDownloader::do_abort0

      --kalau gini gimana lagi gan..

      Delete
  2. help gan pakai cara yg diatas pas flashing error terus

    ReplyDelete
    Replies
    1. masa iya sih gan error terus ? disaya kok jadi

      Delete
    2. Errors encounter during OS download. Aborting......


      ini apa gan

      Delete
    3. Hi saya dri Malaysia bagi yg ketika mau flash ROM ERRO....delete semula file .raw tadi di sdcard kemudian copy semula ke sdcard dgan menggunakan sofware COPY yg lain sbab saya copy tanpa software copy die terus skip

      Delete
  3. ane gag bsa masuk mode usb nya gan.,,gmna carabya gan

    ReplyDelete
  4. pernah mengalami stuck logo usb ZenFone krn gagal ngeroot dan menerapkan tutorial spt di atas tapi gagal. Anehnya saat HH dimatiin dengan menekan tombol power agak lama dan kemudian menghidupkannya kembali dgn menekan secara bersamaan tombol power dan volume up, HH hidup ke mode Droid Boot, kupilih reboot dan ZenFone HIDUP kembali seperti semula. Kok bisa ya Gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coment anda menyelamatkan hp saya gan RONIDOANKH maasih :)))

      Delete
    2. makasih gan, setelah wipedata/factory reset fonepad 7 ane berkali2 tapi gagal, ane coba pilih reboot dan alhasil berhasil..
      makasih gan RONIDOANKH (y)

      Delete
    3. makasih banget gan. sangat membantu ketimbang flash ulang :)

      Delete
    4. komentarmu inspiratif ndan,, HH ane selamat dari mati suri

      Delete
    5. komentar anda inspiratif, HH enyong selamat dari mati suri :-bd

      Delete
    6. hahahaha... the best epic comment... thanks man.. that's work for me too....

      Delete
    7. gan sumpeh komen ente super banget , terima kasih udah nyelamatin ane gan :D

      Delete
    8. udah ane tes gan....tp gagal terus ada tulisan ini.

      .usbsn:889B021B20EAFB00--usb_bulk_readO fails
      usbsn:889B021B20EAFB00--windriver Error: 0x20000015,timeout epired
      --usb_bulk_read0 fails
      --DEVICE is not responding...
      --GETAck-(0xBAADFOOD)
      --Unknown Ack code:baadf00d,aborting...
      --void CLoverviewplusDownloader::do_abort0

      --kalau gini gimana lagi gan..

      Delete
    9. Anjir... You save my phone's life :'D (y)

      Delete
    10. kalo masalah kaya gini dari mana biasanya terjadi?

      Delete
    11. masalah dari mana gan kalo terjadi seperti ini?

      Delete
    12. mas habib , ane pass reboot lama ya di loadingnya

      Delete
    13. bang ane pass reboot , lama di loading ASUS nya , kalo kalian gmana?

      Delete
  5. hp zen4 ane keluar logo intel trus muncul gambar androiid tidur

    ReplyDelete
  6. Bagaimana cara memasukkan .bin nya??

    Dnx,ifwi,os dnx dan yg lain nya??

    ReplyDelete
  7. dowloadnya error.... tidak berhasil... kopet

    ReplyDelete
  8. gimana sih cara download tool nya ko dri tdi ga bisa2 saya coba gan

    ReplyDelete
  9. gimana sih cara download toolnya gan ko dri tdi saya coba ga bisa2

    ReplyDelete
  10. THANKS gan ane udah coba tutorial diatas,. tpi pas SD Download bagian terahir ad error tulisannya berwarna merah,.. dan ini Zen4 ane cuma stock di logo ASUS gan,..

    ReplyDelete
  11. Gan masuk usb mode gmna HHnya restart terus.

    ReplyDelete
  12. gan klo gagal pembaharuan sistem solusinya gmn gan, plis google play ane juga kena imbasnya di apus di instal di ulang2 tetep aja error tolong yg tau ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba factory reset aja gan, siapa tau bisa..

      Delete
  13. Gan
    kalo buat asus fonepad 7 bisa gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kurang tahu gan, saya belum coba di fonepad

      Delete
  14. Gan
    buat asus fonepad bisa gak?

    ReplyDelete
  15. Untuk asus zenfone 6 bisa gak mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kurang tau gan, soal nya belum ada yang nyoba

      Delete
  16. gan ane mau nanya asus zenfone 4s ane batrenya abis total di chas gamau hidup itu kenapa yah ? sempet hidup ada gambar batre chas trus pas di nyalahin ga bisa malah mati total itu kenapa yah ?

    ReplyDelete
  17. gan , klo standar dimenu droid kan g ada pilihan instal sd download , nah misalnya abis ikuti langlah ini apa pilihan itu akan muncul

    ReplyDelete
  18. makasih bgt gan....hh ane dah bangkit kembali....thanks.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. mantep gan, bantu in tuh yang belum bisa :v

      Delete
  19. thanks gan membantu sangat.....

    ReplyDelete
  20. gan punya ane pas proses begindownload kok eror ya notif windriver eror padahal file iSocUSB Driver sudah terinstall dgn baik...mohon pencerahan nya mastah

    ReplyDelete
  21. ada yang bisa bantu ane gak?
    kenapa cloverview ane selalu tidak terdeteksi?
    sudah dicoba di win8.1/win7 sama aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. matikan dl zen4 nya trus colok usb + teken power sambil teken volume up ntar kedeteksi cloverviewny

      Delete
  22. faktor face menentukan gan :v

    ReplyDelete
  23. Jazakallahu khairon wa katsiron ya gan :D, works 1000% di zen 4. ane ikut ngopi tutorialnya juga, kali aje tar ane lupa hehe.... skali lagi, makasih banyak, mantepppp...very nice share

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah sama sama gan, kalo begitu ane jga ikut seneng^_^

      Delete
    2. tolong gan bantu,,, saya ko gagal terus y

      Delete
  24. Udah di coba tutorialnya.. tp dilangkah 5
    "setelah kolom terisi semua nyalakan hh dengan kondisi stuck usb, colokan hh ke kmputer
    hh akn terdeteksi oleh xFSTK-Downloader,klik tombol Begin Download. tunggu sampai restat.."
    tapi HH nya tidak terdeteksi....
    ane pake zenfone 2.. kmrin kesalahan mau merubah dari CN to WW, lgs stuck di USB Logo

    ReplyDelete
  25. gan kalo tidak ada stuck logo usb gimana ya gan?

    ReplyDelete
  26. RoniDoankh : komentar anda menyelamatkan hp saya :D
    terima kasih

    ReplyDelete
  27. Maaf tutornya buat semua zenfone apa khusus gan? Ane pake zenfone 5 nih çαмα stuk di usb doang

    ReplyDelete
  28. min apa ini bisa berjalan dengan zenfone 4s
    tolong jawaban nya

    ReplyDelete
  29. min apa ini bisa berjalan dengan zenfone 4s
    tolong jawaban nya min

    ReplyDelete
  30. Windriver eror gan pdhl smua step dah diikutin.... mhon ptunjuk

    ReplyDelete
  31. Zeny ane gk bisa masuk droidboot & bootloop juga.
    Cara ngebenerinnya gimana bang, kasih pencerahan dong bang

    ReplyDelete
  32. minta bantuanYa gan ,,ane pake zenfone 2 uda coba tutor agan tapi HH gak ke detect

    ReplyDelete
  33. salam kenal mas habib, saya mau bertanya ni mas, apakah cara di ataas bisa di terapkan pada asus zenfone 6? solanya hape zenfone 6 saya hang dan mentok di logo usb nya doang, dan cara masukan FW DnX, IFWI, OS DnX, OS ke tab CLVP A0/B0/B1 itu gmana mas ya coba di perjelas lagi, ok mas sgitu doang pertanyaan saya. sbelomnya trimakasih

    ReplyDelete
  34. mas untuk zen 5 caranya semua sdh di ikuti, tapi saat masukan USB ke pc kok gak terbaca oleh XFSTK, mohon pencerahan mas

    ReplyDelete
  35. HH gak kedetek di pc gan, padahal udah instal pc link intel driver tapi tetep MTP USB failed. posisi zen5 bootloop

    ReplyDelete
  36. ini berlaku untuk zenfone 4S ?saya sudah coba, error

    ReplyDelete
  37. xfstk nya bisa di instal di windows 8 tp di dalam nya kosong gan....n kla cari itu dimana ya....

    ReplyDelete
  38. udah ane tes gan....tp gagal terus ada tulisan ini.

    .usbsn:889B021B20EAFB00--usb_bulk_readO fails
    usbsn:889B021B20EAFB00--windriver Error: 0x20000015,timeout epired
    --usb_bulk_read0 fails
    --DEVICE is not responding...
    --GETAck-(0xBAADFOOD)
    --Unknown Ack code:baadf00d,aborting...
    --void CLoverviewplusDownloader::do_abort0

    --kalau gini gimana lagi gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama gan punya ane juga gitu...si admin kalo dikomplain g mau jawab...tp kalo ada yg bilang "nice post" lgsg dibalas>>gimana min solusinya???banyak yg blum berhasil ni

      Delete
  39. gan kalo waktu aku tekan begin download kok tanda usb nya berubah jadi merah itu kenapa ya gan ..
    tolong penjelasanya

    ReplyDelete
  40. Gan hh ane zenfone 4 t00i bootloop macet di logo asus..n ane pergi ke fast boot malah macet di robot ijo dengan helem kuning yang sok kecakepan..
    Gmn gan ? Apbisa pkai tutor di atas???
    Sebelumnya ane uda sukses upgrade lolipop gan pake firmware bukan custom rom?? Minta solusi gan.

    ReplyDelete
  41. Gan hh ane zenfone 4 t00i bootloop macet di logo asus..n ane pergi ke fast boot malah macet di robot ijo dengan helem kuning yang sok kecakepan..
    Gmn gan ? Apbisa pkai tutor di atas???
    Sebelumnya ane uda sukses upgrade lolipop gan pake firmware bukan custom rom?? Minta solusi gan.

    ReplyDelete
  42. Gan hh ane zenfone 4 t00i bootloop macet di logo asus..n ane pergi ke fast boot malah macet di robot ijo dengan helem kuning yang sok kecakepan..
    Gmn gan ? Apbisa pkai tutor di atas???
    Sebelumnya ane uda sukses upgrade lolipop gan pake firmware bukan custom rom?? Minta solusi gan.

    ReplyDelete
  43. Gan hh ane zenfone 4 t00i bootloop macet di logo asus..n ane pergi ke fast boot malah macet di robot ijo dengan helem kuning yang sok kecakepan..
    Gmn gan ? Apbisa pkai tutor di atas???
    Sebelumnya ane uda sukses upgrade lolipop gan pake firmware bukan custom rom?? Minta solusi gan.

    ReplyDelete
  44. zenfone 5 ane aneh nih gan, kan dia stuck di logo intel, nah pas ane jalanin xSFTK downloadernya ga ke detek trus ane coba on trus off HH nya, tiba2 ke detect tapi langsung ga ke detect lagi. kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus pas stuck logo usb gan coba masukin droidboot recoverynya kalo stuck gambar usb baru colok, ntr bakalan ke detect sma xsftk nya

      Delete
  45. Apa harus menggunakan windows xp?? Soalnya mesej WINDRIVER ERROR terus muncul...udah coba di kebanyakan pc ....hasil nya terus sama...tlg dong om

    ReplyDelete
  46. error gan pas di tahap xfstk downloadnya padahal cloverview dah kedetect

    ReplyDelete
  47. Terima Kasih Bos "RoniDoankh"
    HH Ane Selamat Dari Kasus Mati Suri..
    Trik Ente Memang Juara Lah Bos..

    Thanks Bos.. :)

    ReplyDelete
  48. gan . punya ane ga bisa masuk droidboot. bootloop. pas hp mati ane colok lepi ngecas. bukan logo usb. aneh kan. blum nemu tuh solusinya

    ReplyDelete
  49. ini buat Asus Zenfone 5 dan Zenfone 6 bisa gak mas Habib.???

    ReplyDelete
  50. mas habib ,,
    ini tutorial nya bisa buat zenfone 5 dan zenfone 6 gak ya.???

    ReplyDelete
  51. punya ane stuck di logo droidboot
    kalo restart butlup
    gimana cara benerinnya ya :(

    ReplyDelete
  52. sya masih kurang paham langkah no7, itu HH masih dlm keadaan tercolok d PC/laptop??
    SDcard ny di lepas dr hp nya? dpindah ke cardreader atw hp lain? trus dihubungkan ke PC/laptop juga gtu?

    ReplyDelete
  53. gan buat fonepad 7 bisa gan?tolong gan solusinya

    ReplyDelete
  54. hape saya stuck d logo ASUS itu cra ny sama kya diatas?

    ReplyDelete

  55. FW DnX Download disini
    IFWI Download disini
    OS DnX Download disini
    OS Image files Download disini

    iSocUSB Driver Download disini
    untuk file yg ini harus disesuaikan type asus nya
    Rom Download disini

    ReplyDelete

  56. FW DnX Download disini
    IFWI Download disini
    OS DnX Download disini
    OS Image files Download disini
    xFSTK-Downloader Downloaddisini
    iSocUSB Driver Download disini
    IntelAndroidDrvSetup1.5.0 Download disini
    Rom Download disini
    untuk smua file ini hrs disesuaikan dgn type filenya

    ReplyDelete
  57. mas ada link FW DnX, IFWI, OS DnX, OS untuk zenfone 2

    ReplyDelete
  58. maaf mas, tsnya bagus dan sangat membantu, tapi ada yg kurang jelas, kenapa ga disebutkan bahwa tread ini berhasil utk zenfone bla bla gitu, shingga tidak semua mencoba dan merusak perankatnya, Maaf ini cuma masukan

    ReplyDelete
  59. tlong minta pin bbm atau no tlpon mas,soalny hp saya eror tingkt tinggi

    ReplyDelete
  60. kok gagal install driver hp ya ? pdhl sblmnya udah nginstall, tp skg install lagi dan itu gagal.. gk kedetek pula di xFSTK.. solusi nya dong

    ReplyDelete
  61. Gw dah coba. Zen5 kedetek cloverviewnya. Dah masukin 4 file bin. Trus klik begin download. Malah ga berhasil. Ada tulisan FW+OS yg ga sesuai. Ada solusi lg mas?

    ReplyDelete
  62. ane pake zen 2 gan, pas udah dicolok ke usb dan klik begin download tapi ga kedetek, permasalahannya ; stuck di logo usb. segala macam tutor dan video yusup udah di coba namun hasilnya nihil. ada yang bisa bantu?

    ReplyDelete
  63. kalo untuk fonepad7 k 004 donk gan pencerahan nya

    ReplyDelete
  64. solusi yg logo intel
    langsung flash aja via adb
    itu sudah bisa terhubung dengan adb
    work in zen 4s

    ReplyDelete
  65. padfone7 ane stuck logo usb. dah dicoba cara diatas mash aj eror downloading..aborting
    gmn tuh y?

    ReplyDelete
  66. linknya tolong di perbaiki dongg gan , ada bbrp yg error -,-

    ReplyDelete
  67. Mas, aku ga ke detect si hh nya sama xFSTK nya mas, mohon bantuan nya,

    trim's

    ReplyDelete
  68. hh ane ga ke detect gan. gmn solusinya?

    ReplyDelete
  69. gan pas ke struck usb., hh gk terdetek d xsftk downloadernya gan...
    gmana solusinya gan

    ReplyDelete
  70. Akan saya coba mas.. sebelumnya terima kasih infonya....

    ReplyDelete
  71. gan Link downloadnya diperbarui gan ... IFWI, sama fastboot.img.pos udah engga bisa di download lagi

    ReplyDelete
  72. gan udah berhasil sih ikutin diatas, tp gara2 salah flash, skrng jadi stuk di logo INTEL INSIDE, pake cara ini udah ga detek, gmana gan benerinnya. di tray icon kanan bawah terdetek " eject android "

    ReplyDelete
  73. help me..
    ane zenfone4,kenapa ya gan gak bisa masuk ke droidboot,kalau dihidupin hh nya cuman montok dlogo asus,itu gimana ya gan cara nya, kasih pencerahan dong gan..??

    ReplyDelete
  74. tolong dibantu saya pke zenfone 2 dan udh ada sebulan dipusat asus blum ada hasilnya

    ReplyDelete